Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Kawan atau Lawan ? Google / Facebook


Keberadaan pemain aplikasi besar atau Over The Top (OTT) menjadi dilema bagi penyedia jasa telekomunikasi seperti operator seluler. Kalangan OTT (Google, Facebook) ini boleh dibilang beruntung, sebab OTT menikmati jaringan operator tanpa bersusah payah membangun infrastruktur.

Untuk itu, saat ini, banyak pihak mendorong agar dimunculkan pengaturan bagi para OTT, yang menuntut agar OTT bisa turut berkontribusi bagi industri digital di Indonesia.



Menanggapi hal ini, Komisoner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Sigit Puspito Wigajati mengatakan, saat ini pembahasan OTT sudah masuk dalam revisi UU Telekomunikasi.

"Di sana, di bahas tentang status OTT. OTT juga perlu dipastikan menciptakan manfaat ke masyarakat. Misalnya, apakah membuka lapangan pekerjaan di sini maupun mempekerjakan orang di sini," kata Sigit di sela diskusi OTT Business on Indonesia Telco Business (Competing or Collaborating) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, 5 Desember 2013.

Sigit mengakui sepanjang ini memang belum ada UU yang mengatur OTT. Ia beralasan, pihaknya ingin aturan yang ada nanti benar-benar secara maksimal mempertimbangkan tren digital di masa depan. Menurutnya, jika pengaturan hanya sebatas peraturan menteri (Permen), menurutnya terlalu kurang legitimate atau sahih.

Dengan pengaturan itu, Sigit menambahkan, diharapkan OTT bisa memberikan kontribusi langsung ke masyarakat, seperti halnya operator seluler yang membangun infrastruktur.

"Jadi, jangan senang dengan jumlah pengguna Facebook kita termasuk yang tertinggi d dunia," ujarnya.

Terkait dengan operator, Sigit berharap kalangan operator bisa menyiasati dengan mengembangkan OTT lokal. "Operator bisa menjaga iklim kondusif dengan membuat OTT lokal. Ingat, Facebook dan Twitter dulunya kecil juga," kata dia.

Selain OTT lokal, saat ini juga muncul wacana pembatasan operasional (domestic routing) bagi OTT, namun opsi ini diprediksi sulit untuk diterapkan.

sumber : vivanews

No comments:

Post a Comment

Search

Blogger Banua

Blogger banua
 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Page Rank Checker
Get our toolbar!

Google Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
free counters

Followers