Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Basunat........!!!

http://bimg.antaranews.com/kalsel/2011_12/small/img3069.jpg
Basunat dalam bahasa Banjar yang artinya khitan yang merupakan hal yang sakral dalam agama Islam.Dalam ilmu kedokteran khitan merupakan hal yang sangat bagus dilakukan karena salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah kangker klamin.Dan masih banyak lainnya lagi manfaatnya.



Do You Know?Kalau dilihat dari sejarah khitan pertama kali dilakukan oleh nabi Ibrahim a.s. dan inilah yang menjelaskan bahwa khitan berawal dari jaman praIslam karena dalam dunia antrophologi ditemukan mumi wanita yang memiliki clitoridectomy yang artinya terjadinya pemotongan alat kelamin.Jadi sebenarnya khitan bukan hanya dimiliki oleh agama Islam saja karena seluruh agama mengakui khitan itu sendiri.

http://www.pt-pp.com/images/csrnews/A.jpg

Bagaimana dengan tradisi khitan di Banjarmasin?khitan di Banjarmasin mungkin sama saja dengan di tempat lain.Sepertihalnya yang baru pagi tadi kami temui di Jalan Simpang Belitung.Di jalan itu terdapat tempat khitanan.Tidak heran karena setiap liburan sekolah tempat itu selalu didatangi.Alhasil terjadi antrian pemotongan yang terjadi.

Namun,acara khitan tidak hanya di tempat potong saja.Acara biasanya dilanjutkan dirumah dan di sini tradisinya dilakukan.Yang dikhitan biasanya mendapatkan bingkisan berupa uang yang diberikan oleh tamu yang hadir.Ini dimaksudkan bahwa yang dikhitan sudah mencapai dewasa dan sudah berani melakukan kewajibannya.

Bagaimana dengan anda?

No comments:

Post a Comment

Search

Blogger Banua

Blogger banua
 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Page Rank Checker
Get our toolbar!

Google Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
free counters

Followers