Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

The New Processor Intel Atom Z3000


Intel beberapa hari yang lalu secara resmi telah meluncurkan platform terbarunya, Bay Trail yang dibuat dengan proses produksi 22 nm dan memiliki konsumsi daya yang sangat irit.



Intel Atom Z3000 adalah salah satu lini prosesor (system on chip - SoC) yang akan hadir berdasarkan arsitektur Bay Trail tersebut. Prosesor Intel Atom Z3000 ditujukan untuk penggunaan pada smartphone dan tablet, yang membutuhkan kinerja tinggi dengan daya tahan baterai yang lama. Di bandingkan dengan prosesor Atom sebelumnya yang berbasis Clover Trail, Intel Atom Z3000 ini mampu menghadirkan kinerja yang lebih kencang hingga dua kali lipat dan kemampuan grafis hingga tiga kali lipat. Selain itu, Atom Z3000 berbasis Bay Trail ini juga membutuhkan konsumsi daya yang lebih kecil yang mampu memberikan daya tahan baterai hingga 10 jam untuk penggunaan aktif, dan hingga 3 minggu untuk standby.

Intel Atom Z3000 hadir dengan konfigurasi empat core, empat thread, dan memiliki L2 cache sebesar 2 MB. Lini prosesor ini juga dilengkapi dengan teknologi Intel Burst Technology 2.0. Teknologi ini mirip dengan Intel Turbo Boost pada prosesor desktop yang mampu menngkatkan kecepatan prosesor lebih dari standar secara otomatis menyesuaikan beban pada setiap core. Selain itu, Intel Atom Z3000 ini juga dilengkapi dengan sejumlah feature keamanan untuk kebutuhan bisnis. Lalu, Intel juga rencananya akan merilis varian 64 bit yang akan muncul pada tahun 2014 nanti untuk dapat semakin memenuhi kebutuhan di segmen enterprise.

Intel Atom Bay Trail hadir dalam dua varian berebda, yaitu Quad Core dan Dual Core. Intel kali ini membenamkan dukungan ekseskusi out-of-order pada prosesor Intel Antom terbarunya ini. Dukungan ini belum bisa dinikmati oleh genarasi sebelumnya. Sebelumnya muncul rumor jika kemampuan Intel Atom Bay Trail Quad Core akan mengalami lompatan kemampuan secara signifikan bahkan mampu menggusur AMD APU.

Secara umum, Intel Atom Bay Trail mampu bekerja dengan kecepatan 2.4GHz dengan dukungan memori RAM berkecepatan 4GB dengan pengolah grafis HD Graphics yang memnuhi standar OpenGL ES 3.0 dan DirectX 11. Dengan kemampuannya prosesor ini mampu memutar video Ultra HD dan mendukung resolusi layar 2560×1600 piksel.

No comments:

Post a Comment

Search

Blogger Banua

Blogger banua
 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Page Rank Checker
Get our toolbar!

Google Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
free counters

Followers